Thursday, June 10, 2010

GBHO HIMA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Pengertian
  1. Garis – garis Besar Haluan Organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter yang selanjutnya disingkat GBHO-HIMA PSPD adalah pedoman yang dirumuskan sebagai pernyataan kehendak atau perwujudan aspirasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter yang pada hakekatnya merupakan pola dasar program kerja HIMA PSPD yang ditetapkan dalam Musyawarah Besar HIMA PSPD dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan.
  2. Pola dasar program kerja HIMA PSPD merupakan rangkaian program yang menyeluruh, terarah, terpadu dan berkesinambungan.
  3. Rangkaian program kerja dimaksudkan untuk mencapai tujuan HIMA PSPD, dan meningkatkan partisipasi HIMA PSPD dalam pembangunan nasional yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.
1.2. Prinsip Dasar
GBHO HIMA PSPD bertitik tolak pada prinsip dasar, meliputi :
  1. Perjuangan nyata mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dalam rangka mewujudkan peningkatan kesadaran akan keilmuan kedokteran secara optimal.
  2. Sebagai wadah bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter untuk menumbuhkan dan menghayati kode etik profesi kedokteran.
  3. Meningkatkan dinamika ilmiah dan kreativitas mahasiswa dalam bidang kedokteran.
  4. Mewujudkan integritas mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter.
1.3. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan ditetapkan GBHO HIMA PSPD adalah untuk memberi arah dan pedoman bagi perencanaan program kerja, serta kebijakan-kebijakan HIMA PSPD.
1.4. Landasan
GBHO HIMA PSPD disusun berdasarkan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HIMA PSPD.
1.5. Sistematika
Untuk memberi gambaran mengenai sasaran sebagai wujud aspirasi anggota HIMA PSPD, maka GBHO HIMA PSPD perlu disusun secara sistematis. Sistematis GBHO HIMA PSPD dijabarkan sebagai berikut :
I. Pendahuluan
II. Visi dan Misi
III. Penutup
1.6. Pelaksanaan
  1. Garis – garis Besar Haluan Organisasi HIMA PSPD yang telah ditetapkan oleh Musyawarah Besar HIMA PSPD dilaksanakan oleh ketua serta pengurus yang pelaksanaannya dituangkan dalam bentuk program kerja HIMA PSPD.
  2. Terlaksananya program kerja HIMA PSPD merupakan tanggung jawab bersama seluruh anggota HIMA PSPD.
BAB II
VISI DAN MISI
Berlandaskan tujuan HIMA PSPD, dalam rangka menyusun program kerja HIMA PSPD maka perlu memperhatikan visi dan misi HIMA PSPD.
  • Visi
Menggalang rasa kekeluargaan, persatuan dan kesatuan antar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat dalam mengembangkan potensi dan kemampuan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik demi mendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
· Misi
1. Meningkatkan rasa kekeluargaan dan keakraban antar mahasiswa PSPD
2. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa PSPD
3. Mengembangkan potensi mahasiswa PSPD melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang keilmuan, kaderisasi, pengembangan SDM, minat dan bakat serta kerohanian demi peningkatan kesejahteraan mahasiswa pada khususnya dan pengabdian masyarakat pada umumnya
4. Menghasilkan calon-calon dokter yang tidak hanya memiliki intelektualitas tinggi dalam bidang keilmuan kedokteran dan teknologi informasi, tetapi juga berakhlak dan bersikap baik, berjiwa Pancasila serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat.
BAB III
PENUTUP
GBHO disusun dan dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan landasan operasional organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Pelaksanaan program jangka pendek merupakan awal dari program jangka panjang yang akan mengantarkan HIMA PSPD menjadi organisasi mahasiswa kesehatan yang dapat bermanfaat di masyarakat. Hasil-hasil program kegiatan harus dapat dirasakan dan dinikmati secara langsung ataupun tak langsung oleh setiap anggota maupun masyarakat sebagai perwujudan visi, misi dan tujuan organisasi HIMA PSPD.

0 comments:

Post a Comment