Thursday, June 10, 2010

GBPK HIMA

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Pengertian, Maksud, dan Tujuan
    1. Garis-garis Besar Program Kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter yang selanjutnya disingkat GBPK HIMA PSPD adalah landasan gerak dan langkah pengurus HIMA PSPD dalam melaksanakan kebijakan baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.
    2. GBPK HIMA PSPD ini selanjutnya dimaksudkan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan HIMA PSPD dalam berpartisipasi di segala aspek kehidupan sesuai dengan visi dan misi kemahasiswaannya selain untuk membantu anggotanya dalam meningkatkan keilmuan dalam pelaksanaannya.
    3. GBPK HIMA PSPD ini merupakan kesatuan cipta, rasa, dan karsa dari segenap anggota HIMA PSPD dalam upaya mewujudkan tujuan organisasi.
 
  1. Landasan dan Asas
    1. Landasan
      GBPK HIMA PSPD berlandaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HIMA PSPD.
    2. Asas
      GBPK HIMA PSPD ini disusun berasaskan kemahasiswaan, kekeluargaan, dan kemasyarakatan.
 
  1. Sistematika
GBPK HIMA PSPD ini disusun dengan sistematika sebagai berikut:
I. Pendahuluan
II. Pola Dasar Program Kerja
III. Pedoman Pelaksanaan Program Kerja
IV. Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang
V. Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek
VI. Penutup
BAB II
POLA DASAR PROGRAM KERJA HIMA PSPD
Tujuan
Pola dasar program kerja HIMA PSPD bertujuan mewadahi dan berusaha mewujudkan aspirasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dalam rangka membentuk mahasiswa kedokteran yang bertangggung jawab, berkualitas, sadar dan mampu menjunjung tinggi persaudaraan dan kesatuan, serta memelihara iklim mahasiswa yang ilmiah, sehat, dinamis dan kreatif dalam upaya meningkatkan derajat keilmuan kedokteran secara optimal.
Landasan
Dalam rangka mencapai tujuan diatas, program kerja HIMA PSPD disusun berlandaskan pada GBHO HIMA PSPD.
 
3.3 Asas – asas
  1. Asas Ketaqwaan
Segala usaha dan kegiatan HIMA PSPD dijiwai dan dikendalikan oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  1. Asas Manfaat
Segala kegiatan dan usaha yang dilakukan HIMA PSPD dapat bermanfaat bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  1. Asas Demokrasi
Bahwa upaya mencapai tujuan HIMA PSPD sejauh mungkin dilakukan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat.
  1. Asas Keterbukaan
Manajemen HIMA PSPD bersifat terbuka dan memberi peluang terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak.
  1. Asas Kemandirian
Kegiatan HIMA PSPD berlandaskan pada kepercayaan dan kemampuan, serta kekuatan sendiri.
6. Asas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Bahwa penyelenggaraan kegiatan HIMA PSPD menerapkan nilai – nilai pengetahuan dan teknologi serta mendorong pemanfaatan, pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional dan penuh tanggungjawab.
 
3.4. Modal Dasar dan Faktor Dominan
Modal Dasar
Modal dasar HIMA PSPD adalah keseluruhan sumber kekuatan yang dimiliki HIMA PSPD yang efektif dan potensial yang sudah dikembangkan atau belum tersentuh, yang dapat didayagunakan untuk tercapainya tujuan HIMA PSPD, meliputi :
  1. Modal rohaniyah dan mental, yaitu kepercayaan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan tenaga penggerak dalam mencapai tujuan HIMA PSPD.
  2. Kualitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter adalah sumber daya intelektual mahasiswa yang mampu mendukung dinamika organisasi.
  3. Kuantitas, yaitu jumlah anggota mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter pada berbagai tingkatan dengan berbagai latar belakang budaya yang beraneka ragam.
  4. Independensi, yaitu sifat HIMA PSPD yang independen dan bebas dalam menentukan arah gerak pejuangannya.
 
 
Faktor Dominan
Faktor dominan adalah segala sesuatu yang dapat berpengaruh secara positif atau negatif bagi pelaksanaan program kerja HIMA PSPD, oleh karena itu harus diperhatikan dalam penyelenggaraan kegiatan agar memperlancar tercapainya tujuan dan sasaran HIMA PSPD.
Faktor dominan, meliputi :
  1. Beragamnya tingkatan pendidikan anggota HIMA PSPD, yang terdiri dari mahasiswatingkat pre klinik, pra klinik dan mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi.
  2. Beragamnya latar belakang masing-masing anggota yang berasal dari wilayah Kalimantan Selatan dan di luar Kalimantan Selatan.
  3. Komitmen anggota yang dapat mempengaruhi jalannya organisasi HIMA PSPD.
  4. Perkembangan didalam tubuh organisasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu.
  5. Perkembangan dunia kedokteran yang cepat dan dinamis.
  6. Kondisi birokrasi dalam usaha mencapai visi, misi dan tujuan HIMA PSPD.
  7. Pengakuan HIMA PSPD di tubuh institusi anggota HIMA PSPD.
BAB III
PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA
Pedahuluan
Pedoman pelaksanaan program kerja HIMA PSPD adalah penuntun yang harus dijadikan pedoman bagi kebijaksanaan program kerja HIMA PSPD. Penyelenggaraan program kerja harus mengacu kepada pedoman pelaksanaan agar senantiasa sesuai dengan landasan, makna, asa dan tujuan organisasi HIMA PSPD.
Konsep Manajemen
  1. Terencana, setiap kegiatan HIMA PSPD harus direncanakan untuk kepentingan organisasi dan masyarakat luas.
  2. Terorganisasi, seluruh kegiatan HIMA PSPD harus dilakukan secara terorganisir.
  3. Terarah, HIMA PSPD memiliki pedoman dan arahan yang jelas dalam pelaksanaannya.
  4. Teraktualisasi, seluruh program kerja HIMA PSPD harus dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan- kegiatan.
  5. Terkontrol, seluruh kegiatan HIMA PSPD yang dilaksanakan oleh Ketua HIMA PSPD dengan diawasi oleh seluruh mahasiswa PSPD.
  6. Terevaluasi, seluruh pelaksanaan kegiatan HIMA PSPD haruh terevaluasi demi tercapainya perbaikan dimasa mendatang.
BAB IV
POLA UMUM KEGIATAN JANGKA PANJANG
5.1. Pendahuluan
Program Studi Pemdidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNLAM nantinya akan menghasilkan lulusan-lulusan yang akan terjun langsung ke masyarakat untuk ikut serta sebagai penggerak dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu untuk mendukung visi dan misi dari program studi pendidikan dokter tersebut guna menghasilkan lulusan yang berkualitas baik dari segi keilmuan maupun kemampuan teknis serta penguasaan teknologi dan juga sebagai rakyat Indonesia yang akan terjun langsung ke masyarakat dengan jiwa pancasila dan nasionalisme yang tinggi serta meiliki kemampuan dan sikap yang baik sebagai SDM yang berkualitas.
Oleh karena itu perlu ditentukan Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang (PUKJP) yang akan mendukung program – program selanjutnya dalam rangka pelakasanaan program organisasi untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan yang optimal.
5.2 Tujuan
Tujuan Pola Umum Kegiatan jangka Panjang dirumuskan agar dapat diketahui bahwa penyelenggaraan program kerja HIMA PSPD tetap pada arah dan jalurnya yang benar dalam rangka mewujudkan tujuan HIMA PSPD yang berkesinambungan seperti yang termaktub dalam anggaran dasar HIMA PSPD.
5.3 Sasaran Umum
Sasaran Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang adalah mengembangkan organisasi secara internal dan eksternal, dan juga pengembangan para anggota baik dari segi keilmuan dan kemampuan teknis juga pengusaan teknologi di bidang Kedokteran.
Sasaran Umum ditetapkan dengan maksud agar Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang mempunyai arahan kerja yang jelas. Dengan demikian, sasaran umum bisa berfungsi sebagai Tolak Ukur Keberhasilan Pelaksanaan Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang.
 
5.4 Penitikberatan
Penitikberatan program jangka panjang diletakkan pada peningkatan SDM yang dihasilkan sebagaimana visi dan misi HIMA PSPD.
5.5 Sasaran Pengembangan Organisasi
  1. Pemantapan keberadaan organisasi
  2. Sosialisasi organisasi serta pengembangan sistem informasi organisasi.
  3. Optimalisasi potensi sumber daya organisasi.
  4. Pengembangan kerjasama dan kemitraan.
 
5.6 Sasaran Bidang Pengembangan Keilmuan
1. Diarahkan pendalaman pendidikan ilmu Kedokteran sejalan dengan perkembangan dunia dalam menghadapi tantangan masa depan
2. Pengembangan kerja sama baik anatar institusi atau anatar organisasi profesi.
 
5.8 Penutup
Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang ini memberikan arah kemandirian dalam pelaksanaannya. Berhasilnya Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang bergantung pada peran aktif seluruh anggota HIMA PSPD menurut fungsi dan kemampuan masing-masing dalam rangka melaksanakan GBHO.
 
BAB V
POLA UMUM KEGIATAN JANGKA PENDEK
6.1 Pendahuluan
Kondisi Umum
Uraian kondisi umum mempunyai arti yang penting karena memberi gambaran tentang hasil-hasil yang telah dicapai oleh periode yang lalu, serta tantangan yang harus dihadapi dalam memasuki periode selanjutnya.
Tantangan yang harus dihadapi :
1. Kurangnya kesadaran mahasiswa PSPD akan pentingnya nerorganisasi
2. Peningkatan jumlah mahasiswa baik PSPD dan Fakultas Kedokteran
6.2 Tujuan
Tujuan Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek ditetapkan dengan maksud memberikan arah bagi pencapaian sasaran Kegiatan Jangka Pendek, sehingga berfungsi sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan dalam satu periode kepengurusan.
TujuanPola Umum Kegiatan Jangka Pendek merupakan penjabaran Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang untuk mewujudkan tujuan HIMA PSPD dan meletakkan landasan yang kuat untuk program selanjutnya.
6.3 Sasaran umum Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek
Sasaran umum ini ditetapkan sebagai penegasan atas keadaan yang hendak dicapai dengan upaya pelaksanaan program kegiatan jangka pendek dan sekaligus merupakan tahapan dalam upaya mencapai sasaran Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang. Dengan demikian sasaran umum ini juga merupakan tolak ukur keberhasilan pelaksanaan Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek. Sasaran Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek meliputi :
  1. Bidang Pengembangan Organisasi
Pembentukan struktur organisasi yang mantap dan efektif untuk menjamin kelangsungan hidup organisasi dan meningkatkan eksistensinya di masyarakat.
  1. Bidang Informasi
Pembentukan sistem informasi yang terpadu untuk menunjang kegiatan organisasi.
  1. Bidang Kebijakan
Kebijakan organisasi bersifat efektif dan efisien yang mengarah pada kualitas organisasi.
  1. Bidang Kerjasama
Menjalin dan mengembangkan kerjasama antara HIMA PSPD dengan berbagai pihak untuk menunjang kelancaran kegiatan organisasi.
6.4 Prioritas Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek
Prioritas Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek adalah semakin mantapnya keberadaan organisasi HIMA PSPD yang disertai dengan pengembangan, meliputi :
 
a.Bidang Internal :
· Sosialisasi Mengenai keberadaan HIMA PSPD
· Mengefektifkan struktur organisasi
· Menjalankan komunikasi, koordinasi dan konsolidasi antara anggota HIMA PSPD
· Peningkatan kerjasama dan solidaritas antar anggota HIMA PSPD
· Peningkatan kualitas dan kuantitas anggota HIMA PSPD
 
 
b.Bidang Eksternal :
· Melakukan fungsi control dan berperan aktif terhadap kebijakan tingkat mahasiswa ataupun tingkat Fakultas dan Universitas.
· Mengoptimalkan peran serta HIMA PSPD dalam masyarakat
· Menjalin Kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dalam dunia kesehatan.
6.5 Penutup
Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek merupakan dasar dari penyusunan dan pelaksanaan kegiatan dalam satu periode kepengurusan yang bertumpu pada AD/ART HIMA PSPD. Untuk itu diharapkan Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya dalam rangka memantapkan keberadaan organisasi HIMA PSPD.
 
BAB VI
PENUTUP
Untuk mencapai kegiatan tersebut di atas, perlu adanya penjabaran secara operasional pengurus HIMA PSPD dan dalam pelaksanaannya harus memperhatikan situasi dan kondisi yang ada. Apabila pengurus melakukan inovasi serta kreasi baru, hendaklah tidak menyimpang dari GBPK HIMA PSPD.

0 comments:

Post a Comment