Saturday, December 17, 2011

CARPAL TUNNEL SYNDROME

Pada terowongan karpal yang normal hampir tidak ada ruang untuk semua tendon dan saraf medianus. Sebagai akibatnya semua pembengkakan bisa berakibat kompresi dan iskemia pada saraf. Biasanya penyebabnya lolos dari deteksi; sindrom ini biasa pada menopause, pada artritis rheumathoid, pada kehamilan, dan pada miksedema. Tomografi komputer menunjukkan bahwa wanita mempunyai terowongan yang lebih kecil daripada pria, dan mereka yang menderita sindroma ini mempunyai terowongan yang paling kecil.
Ada beberapa bukti bahwa kompresi proksimal saraf (misalnya pada penyakit diskogenik servikal) dapat bertindak sebagai suatu faktor yang dapat mempengaruhi penangkapan perifer.

Gambaran Klinik
Rasa sakit dan paresthesia terjadi dalam distribusi saraf medianus tangan. Tiap malam pasien terbangun pada jam-jam awal dengan rasa nyeri yang panas, membakar, rasa nyeri, dan mati rasa. -Menggantung lengan di sisi tempat tidur, atau mengoncang-goncang lengan dapat menyembuhkan gejala. Selama siang hari terasa sedikit nyeri kecuali dengan aktivitas seperti merajut atau membaca surat kabar, di mana lengan tidak bergerak-gerak. Pada kasus lanjut mungkin ada rasa kaku dan lemah.
Keadaan ini 8 kali lebih sering pada wanita dibanding pria. Kelompok umur yang biasa terserang adalah 40-50 tahun; pada pasien yang lebih muda biasanya ditemukan faktor-faktor yang berkaitan misalnya kehamilan atau penyakit rheumatoid.
Kedua tangan atau hanya tangan yang dominan, mungkin terkena. Tanda-tanda fisik yang abnormal biasanya tak ada; idealnya keadaan ini harus didiagnosis sebelum tanda-tanda terlihat. Pola perubahan sensorik kadang-kadang dapat ditimbulkan kembali dengan menahan pergelangan tangan dalam palmar fleksi penuh selama 1 menit atau dengan menekan lengan dengan manset sfigmomanometer. Pada kasus lanjut terdapat kelumpuhan otot thenar dan kelemahan abduksi ibu jari. Penelitian dengan listrik memperlihatkan konduksi saraf yang melewati pergelangan tangan melambat.

Diagnosis
Gejala sindrom terowongan karpal dengan mudah keliru dengan spondilitis servikal yang melibatkan C6 dan C7. Tanda-tanda sinar X degenerasi diskus servikal biasa pada orang tua dan hal ini menambah keruwetan. Keluhan klasik nyeri dan paresthesia pada malam hari bersama dengan perubahan konduksi saraf membantu menegakkan diagnosis.

Terapi
Pada sebagian besar kasus, operasi ligamentum kapal anterior menawarkan penyembuhan secara cepat dan sederhana. Terapi konservatif mungkin lebih baik selama kehamilan; pergelangan tangan dibebat pada malam hari untuk mencegah melipat dalam fleksi.


Sumber:
Apley A. Graham, Solomon Louis. Buku ajar orthopedi dan fraktur sistem Apley Edisi 7. Jakarta : Widya Medika; 1995.

0 comments:

Post a Comment