Saturday, August 28, 2010

HIMA PSPD, Perjuangan yang Takkan Berhenti

Dokter adalah sebuah profesi yang mulia di kalangan masyarakat. Pengabdiannya terhadap bangsa merupakan langkah yang tak ternilai. Untuk menjaga kehormatan itulah, Mahasiswa Kedokteran selalu giat belajar dan berusaha untuk mencapai nilai akademik yang tinggi. Tetapi, nilai akademik bukan satu-satunya indikator untuk menjadi dokter yang baik, pergaulan dengan teman sejawat (se-profesi) maupun dengan masyarakat sekitar, juga menjadi tolak ukur keberhasilan Mahasiswa Kedokteran.


Berdasarkan latar belakang itulah, Himpunan Mahasiswa-Prodi Pendidikan Dokter dibentuk, untuk menampung segala jenis aspirasi mahasiswa kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK UNLAM). Didirikan pada 14 Juli 2009, HIMA PSPD menjadi pemandu pergerakan mahasiswa kedokteran untuk melangkah menuju sebuah pengabdian, yang akan mereka jalani seumur hidup.

Perhatian HIMA PSPD terhadap mahasiswa kedokteran baik yang berhubungan dengan keprofesian, yang diatur oleh Divisi Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Divisi Hubungan Masyarakat, yang berusaha meningkatkan dan mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa. Dan non akademik, yang dimanage oleh Divisi Minat dan Bakat serta Divisi Kerohanian, memberikan kemudahan bagi para mahasiswa untuk mengasah kemampuannya dalam bidang seni, olah raga, dan menunjukkan kepada mereka bahwa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan landasan utama untuk menjani kehidupan sebagai seorang dokter.

Untuk menunjang tujuan HIMA PSPD dan untuk menjaga konsistensi pergerakan HIMA PSPD, maka dibentuklah Divisi Dana dan Usaha, yang bertugas menyokong pendanaan organisasi. Juga dibentuk Divisi Kajian Strategis dan Kaderisasi yang mengatur perkembangan organisasi dan menjaring para penerus perjuangan, yang dalam bahasa modern-nya disebut reorganisasi.

HIMA PSPD menggali dan belajar dari organisasi-organisasi terdahulu di FK UNLAM, yang merupakan seniornya. Menjajaki segala jejak perjuangan mereka, berjuang dengan penuh kerja keras. Walaupun hasilnya masih belum membanggakan, tetapi pembangunan akan terus berlanjut, guna menghasilkan lulusan dokter-dokter yang profesional.



Keluarga Besar HIMA PSPD-FK UNLAM, berjuang demi masa depan…

1 comments:

Imam Syahuri Gultom said...

alhamdulillah website divisi khusus TBM-Cs HIMA PSPD sudah di launching... silahkan berbagi link..

tbm-cs.co.cc

Post a Comment